Sebegini Jumlah Akreditasi yang Ditetapkan BAN PAUD dan PNF Selama 4 Tahun 

Sebegini Jumlah Akreditasi yang Ditetapkan BAN PAUD dan PNF Selama 4 Tahun 
Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) menyampaikan capaian kinerja periode 2018-2022. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) menyampaikan capaian kinerja periode 2018-2022.

Ketua BAN PAUD dan PNF Supriyono mengatakan terdapat 10 capaian kinerja berupa kebijakan strategis dalam pelaksanaan proses akreditasi yang bermutu untuk satuan PAUD dan PNF.

Pertama inovasi mekanisme akreditasi berbasis aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) pada satuan PAUD dan PNF sehingga dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien.

Mekanisme ini tentunya dapat mempermudah satuan pendidikan dalam mengikuti akreditasi, dibandingkan dengan mekanisme borang yang sebelumnya.

"Yang kedua adalah mengubah sasaran penilaian akreditasi dari berbasis program dalam satuan menjadi penilaian berbasis satuan," kata Supriyono saat temu media, di Jakarta, Rabu (31/5).

Selanjutnya, pengembangan sistem penilaian akreditasi dengan dua instrumen, yaitu Penilaian Prasyarat Akreditasi (PPA berbasis compliance (penilaian berbasis dokumen) dan Instrumen Penilaian Visitasi (IPV) berbasis performance (peniaian berbasis kinerja). 

Capaian berikutnya BAN PAUD dan PNF meningkatkan kuota akreditasi secara signifikan. Selama periode 2018 - 2022, jumlah satuan pendidikan yang telah diakreditasi oleh BAN PAUD dan PNF mencapai 122.509 satuan, terdiri atas 115.830 satuan PAUD, 1.617 satuan LKP, dan 5.062 satuan PKBM.

Capaian berikutnya, kata Supriyono, peningkatan kualitas pelaksanaan akreditasi melalui berbagai pelatihan bagi para asesor. Dia mengungkapkan bahwa berbagai pelatihan peningkatan kompetensi asesor ini dilakukan karena asesor merupakan ujung tombak pelaksanaan akreditasi. 

Sebegini jumlah akreditasi yang sudah ditetapkan BAN PAUD dan PNF selama 4 tahun saat paparan capaian kinerja 2018-2022. Begini datanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News