Sebegini Rata-Rata Kenaikan BOP PAUD 2022, Paling Lambat Maret Masuk Rekening Sekolah

Sebegini Rata-Rata Kenaikan BOP PAUD 2022, Paling Lambat Maret Masuk Rekening Sekolah
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali mengakselerasi dan meningkatkan pendanaan satuan pendidikan.

Program Merdeka Belajar episode ke-16 Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Kesetaraan ini resmi diluncurkan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada 15 Februari 2022.

Merdeka Belajar episode ke-16 ini menghadirkan transformasi pada kebijakan dana BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan yang makin akuntabel, sederhana dalam pengelolaan, dan berkeadilan di Indonesia. 

"Suksesnya terobosan kebijakan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sejak 2020 mendorong Kemendikbudristek mengakselerasi dan meningkatkan pendanaan satuan pendidikan," kata Menteri Nadiem Makarim.

Dia lantas menyebutkan sejumlah keberhasilan dalam kebijakan dana BOS yang sudah dilakukan Kemendikbudristek, antara lain:

1. Peningkatan anggaran BOS

Menteri Nadiem mengungkapkan tahun lalu pihaknya berhasil meningkatkan anggaran BOS untuk SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB secara signifikan. Satuannya juga bervariasi, bagi daerah-daerah yang membutuhkan menjadi lebih banyak.

2. Dana langsung masuk ke rekening sekolah

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengungkapkan kenaikan BOP PAUD 2022 yang akan dicairkan paling lambat Maret lewat rekening sekolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News