Sebetulnya Jokowi Sudah Keluarkan Perintah Terkait Situasi di Papua

Sebetulnya Jokowi Sudah Keluarkan Perintah Terkait Situasi di Papua
Jokowi memberikan keterangan pers terkait kondisi Papua sebelum menyaksikan wayang kulit di Alun-Alun Purworejo Jateng, Kamis (29/8). Foto: Agus Salim

jpnn.com, PURWOREJO - Presiden Joko Widodo mengaku sudah memerintahkan Menkopolhukam, Kapolri, Kepala BIN dan Panglima TNI mengambil tindakan tegas kepada siapa pun yang melanggar hukum terkait situasi terkini di Jayapura dan Papua pada umumnya.

"Saya juga telah memerintahkan, sebetulnya malam tadi, saya perintahkan ke Menkolpulhukam bersama Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI, untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkistis serta rasialis," ujar Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8) malam.

Di Purworejo, Jokowi juga menyempatkan menyaksikan pagelaran wayang kulit. "Saya terus mengikuti dan juga saya sudah mendapatkan laporan situasi terkini di Papua, khususnya di Jayapura, dan saya minta masyarakat juga tenang, tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkistis," pinta.

Seperti diketahui, sikon di Jayapura kembali memanas. Aksi pembakaran sejumlah fasilitas publik juga terjadi di sejumlah titik di wilayah tersebut.

"Kita semuanya akan rugi apabila ada fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama jadi rusak atau dirusak," lanjut suami Iriana itu.

BACA JUGA: Andre Gerindra Minta Jokowi Segera ke Papua ketimbang Sibuk soal Pindah Ibu Kota

Jokowi menegaskan, pemerintah akan terus berkomitmen untuk memajukan Papua baik di bidang fisik maupun SDM agar semuanya, utamanya khususnya mama-mama, pace, mace, anak anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera.

"Mari kita semuanya menjaga agar Tanah Papua tetap menjadi sebuah wilayah yang damai, tanah yang damai, dan saya mengajak kepada semua ketua dan tokoh adat, ketua, tokoh agama, kaum muda Papua untuk mewujudkan Papua yang maju dan tetap damai. Sekali lagi mari kita jaga Tanah Papua sebagai tanah yang damai," kata Jokowi. (fat/jpnn)


Presiden Jokowi juga menyempatkan menyaksikan pagelaran wayang kulit di Alun-Alun Purworejo.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News