Sederet Masalah Buruh Akibat UU Cipta Kerja menurut Syarief Hasan

Sederet Masalah Buruh Akibat UU Cipta Kerja menurut Syarief Hasan
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengomentari soal UU Cipta Kerja. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rapat paripurna DPR pada Senin (5/10) mengesahkan RUU Cipta Kerja menjadi undang-undang (UU).

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Syarief Hasan mempertanyakan langkah pimpinan DPR RI mempercepat rapat paripurna pengesahan RUU Cipta Kerja itu.

Syarief dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa (6/10), mempertanyakan langkah pimpinan DPR RI itu karena RUU itu masih menuai pro kontra, sehingga mestinya DPR perlu mendengarkan aspirasi rakyat kecil.

Sedianya, Rapat Paripurna DPR RI akan dilangsungkan pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Namun secara tiba-tiba dipercepat menjadi Senin, (5/10), sehingga menuai banyak pertanyaan dari masyarakat terkait alasan mempercepat pelaksanaan rapat paripurna.

Menurut Syarief, langkah mempercepat rapat paripurna tersebut dapat menjadi preseden buruk bagi lembaga legislatif yang berkantor di Senayan tersebut.

Apalagi, kata dia, langkah itu muncul setelah marak pemberitaan akan dilakukannya demonstrasi penolakan Omnibus Law RUU Cipta Kerja oleh kalangan mahasiswa, buruh, dan elemen masyarakat lainnya.

"Langkah mempercepat rapat paripurna mengindikasikan tidak didengarnya aspirasi rakyat kecil terkait RUU Cipta Kerja. Langkah ini akan semakin menurunkan, bahkan mematikan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga DPR RI," imbuhnya.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan membeber sejumlah masalah yang dihadapi buruh akibat UU Cipta Kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News