Sederet Program Dekarbonisasi Besutan Grup MIND ID

Sederet Program Dekarbonisasi Besutan Grup MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mineral Industri Indonesia serius melakukan dekarbonisasi. Foto/Ilustrasi: dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mineral Industri Indonesia serius melakukan dekarbonisasi.

Hal itu untuk mencapai target penurunan emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) sebesar 15,8 persen pada 2030 mendatang.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan komitmen MIND ID dalam dekarbonisasi selaras dengan ambisi pemerintah mencapai nol emisi karbon pada 2060.

Dekarbonisasi adalah usaha mengurangi kadar emisi gas rumah kaca yang bersemayam di atmosfer bumi.

Perusahaan induk industri pertambangan pelat merah itu melakukan berbagai inisiatif dan inovasi untuk menekan emisi karbon khususnya dari sektor industri pertambangan bersama anggotanya PT Aneka Tambang Tbk., PT Bukit Asam Tbk., PT freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk.

Menurut Heri, program dekarbonisasi MIND ID bertujuan menekan emisi secara end to end. Hal ini berarti MIND ID memiliki kewajiban dalam mengurangi atau menekan emisi di setiap aspek dan proses operasional perusahaannya.

"Program dekarbonisasi MIND ID berfokus pada 3 pilar, yaitu menghindari, menyediakan, berinvestasi, dan meningkatkan solusi energi rendah karbon, kurangi, batasi emisi sebanyak mungkin, dan mengurangi, menangkap, hingga mengimbangi emisi residu apa pun," kata Heri Yusuf seperti dikutip di Jakarta, Sabtu (14/10).

MIND ID juga melakukan sejumlah inisiatif strategis untuk mendorong hilirisasi industri, salah satunya dengan mendorong nilai tambah produk pertambangan aluminium dan nikel.

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mineral Industri Indonesia serius melakukan dekarbonisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News