Sedih! Eks Gafatar Berdesak-desakan di Penampungan

Sedih! Eks Gafatar Berdesak-desakan di Penampungan
MENANGIS : Salah satu anak eks Gafatar sedang menangis di lokasi pengungsian di Markas Perbekalan dan Angkutan Kodam (Bekangdam) XII Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (20/1). Foto: MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST

jpnn.com - SUKADANA – Tempat penampungan sementara warga eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Kabupaten Kayong Utara,  di asrama Polsek Sukadana, kondisinya memprihatinkan. Mereka harus berdesak-desakan di ruangan yang sempit.

Bukan berarti Pemkab Kayong Utara tidak memberikan perhatian, tapi karena jumlah mereka cukup banyak, ditambah lagi banyaknya anak dan balita. Kondisi ruangan asrama pun berubah menjadi kumuh.

Para eks Gafatar ini mengaku pasrah merasakan suasana panas dan pengap, karena kondisi ruangan yang tak sebanding dengan jumlah mereka.

Mereka yang ditampung, merupakan keluarga besar eks Gafatar yang bermukim di Desa Sedahan Jaya dan Pampang Harapan. Ada juga warga pendatang yang diangkut dari rumah kontrakan yang tersebar di sekitar Desa Sutera dan Desa Pangkalan Buton, Kecamatan Sukadana.

Keberadaan mereka di penampungan dikunjungi Bupati Kayong Utara, H. Hildi Hamid. Termasuk Kapolres Ketapang, AKBP Hady Poerwanto dan Dandim 1203 Ketapang, Letkol Inf Saud Edward Tampubolon.

Para pejabat itu juga berkomunikasi dengan pengikut eks Gafatar itu di penampungan Asrama Polsek Sukadana, Rabu (20/1).

Mereka berada di penampungan sejak, Selasa (19/1) siang. Ditemui di lokasi penampungan, Bupati Hildi Hamid mengatakan, eks Gafatar ini akan diberangkatkan dari Kayong Utara menuju Kota Pontianak, Kamis (21/1). Mereka diangkut menggunakan kapal yang telah disiapkan Pemkab Kayong Utara.

Mereka yang akan diberangkatkan ke Kota Pontianak, kelompok eks Gafatar yang bermukim di Desa Sedahan Jaya, Dusun Segoa, Desa Pampang Harapan, termasuk Dusun Melinsum, Desa Sejahtera.

SUKADANA – Tempat penampungan sementara warga eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Kabupaten Kayong Utara,  di asrama Polsek Sukadana,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News