Sedihnya..Masih Ada Kesenjangan Kaya-Miskin dan Jawa-Luar Jawa

Sedihnya..Masih Ada Kesenjangan Kaya-Miskin dan Jawa-Luar Jawa
Ketua MPR Zulkifli Hasan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (23/5). Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - YOGYAKARTA—Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, reformasi sudah berjalan  selama 18 tahun. Namun, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah saat ini. Pekerjaan rumah itu adalah kesenjangan sosial di tengah masyarakat.

“Terjadi banyak kesenjangan antara kaya dan miskin,  Jawa dan luar Jawa. Yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin. Ini memprihatinkan,” ujar Zulkifli saat menghadiri Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (23/5).

Mantan Menteri Kehutanan itu mengakui, keberhasilan reformasi memang sudah terlihat, Terutama dalam pelaksanaan otonomi daerah dan demokrasi. Hanya, kesenjangan sosial masih menjadi momok yang menghantui masyarakat Indonesia. Terutama masalah Jawa dan luar Jawa yang dirasanya masih banyak mengalami banyak perbedaan.

Menurutnya, di Jawa dan sekitarnya masyarakat sudah bisa menikmati banyak fasilitas umum dan berbagai kemudahan. Berbeda dengan di wilayah Indonesia timur yang masih menunggu dijamah pembangunan merata.

“Ini menjadi tantangan kita bersama untuk memperbaikinya,” pungkas Zulkifli. (flo/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News