Sedotan, Solusi Aman Cegah Noda Gigi?

Sedotan, Solusi Aman Cegah Noda Gigi?
Ilustrasi gigi kuning. Foto: diariofemenino

jpnn.com - Dengan bertambahnya variasi kuliner dan tingginya mobilitas, semakin banyak minuman yang disajikan menggunakan sedotan. Minuman kopi, teh, jus diberikan lengkap bersama sedotannya agar bisa diminum dalam perjalanan. Selain untuk alasan kepraktisan, sedotan diyakini bisa membantu mencegah noda gigi. Benarkah demikian?

Dulu, beberapa kalangan meyakini bahwa menggunakan sedotan bisa melindungi permukaan gigi, mencegah noda gigi dan gigi berlubang, serta mengurangi paparan terhadap kuman yang berasal dari gelas umum. Dalam pandangan mereka, dengan sedotan, minuman manis tidak melewati gigi bagian depan, dan langsung mengarah ke belakang mulut. 

Namun, penemuan baru menepis anggapan tersebut. Menggunakan sedotan kini dinyatakan lebih banyak memiliki dampak negatif dibanding positif terhadap kesehatan dan lingkungan.

Fakta minum dengan sedotan

Coba perhatikan, saat minum dengan sedotan, ketika Anda bisa mengecap rasa manis minuman, sudah pasti gigi Anda juga sudah terkena minuman tersebut. Walaupun dengan sedotan minuman manis berhasil melewati gigi depan, gigi bagian belakang tetaplah terkena.

Cara satu-satunya agar gigi terlindungi adalah dengan menempatkan sedotan langsung ke belakang lidah sehingga minuman langsung masuk ke tenggorokan. Namun, cara ini tidak lazim dan sangat tidak nyaman.

Di samping itu, lidah juga berperan dalam pembentukan noda gigi karena lidah adalah organ yang selalu berkontak dengan gigi. Jika minuman mengenai lidah, otomatis gigi juga pasti terkena.

Penempatan sedotan adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Bila Anda terbiasa menempatkan sedotan pada posisi tertentu atau menyender ke salah satu gigi tertentu, gigi tersebut akan lebih rentan berlubang.

Dalam pandangan mereka, dengan sedotan, minuman manis tidak melewati gigi bagian depan, dan langsung mengarah ke belakang mulut.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News