Sehari, Bom Hajar Delapan Kota Iraq

Konflik Sektarian Target Syiah, 84 Tewas, 300 Luka

Sehari, Bom Hajar Delapan Kota Iraq
Sehari, Bom Hajar Delapan Kota Iraq
BAGHDAD – Kekerasan belum berlalu dari bumi Iraq. Bahkan, sehari kemarin (13/6) sedikitnya delapan kota di negeri itu diguncang serangan bom. Gelombang ledakan bom tersebut menghajar kota-kota di utara maupun timur dan tengah Iraq. Serangkan serangan itu menjadikan para peziarah dan komunitas Syiah sebagai target.

Selain serangan bom, komunitas Syiah menjadi sasaran penembakan. Di Baghdad, serangan terhadap warga Syiah terjadi di sepuluh lokasi di berbagai wilayah ibu kota. Sedikitnya, 84 orang tewas dalam gelombang serangan itu dan sekitar 300 lainnya terluka. Selain warga Syiah, polisi ikut menjadi korban. Aksi tersebut diduga sebagai serangan terencana selama peringatan wafatnya imam Syiah.

Mayoritas korban serangan di sepuluh lokasi di Baghdad kemarin adalah warga Syiah yang sedang menghadiri acara keagamaan. Lalu, dua ledakan mengguncang dekat sebuah restoran di Kota Hilla, selatan Baghdad. Target serangan ini adalah polisi dan pasukan keamanan.

Kekerasan di Iraq sebetulnya telah menurun sejak perang berakhir akhir tahun lalu. Tapi, kekerasan dan konflik sectarian justru melonjak dalam beberapa bulan terakhir. Serangan kelompok militan yang mempunyai hubungan dengan Al Qaeda sering menarget peziarah dan pemeluk Syiah. Hal ini memantik konflik sektarian yang nyaris menjerumuskan Iraq dalam perang sipil pada 2006-2007.

BAGHDAD – Kekerasan belum berlalu dari bumi Iraq. Bahkan, sehari kemarin (13/6) sedikitnya delapan kota di negeri itu diguncang serangan bom.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News