Sei Babura Meluap, Sejumlah Daerah di Sumut Dilanda Banjir

Sei Babura Meluap, Sejumlah Daerah di Sumut Dilanda Banjir
Warga dan polisi gotong-royong membersihkan rumah yang direndam banjir di Serberlawan, Kabupaten Simalungun, Sumut, Minggu (3/12/2017). Foto: Adi/Sumut Pos

jpnn.com, MEDAN - Sejumlah daerah di Sumatera Utara, seperti Kota Medan, Tebingtinggi, Serdangbedagai, Simalungun, dan lainnya dilanda banjir, sejak Jumat (1/12) hingga Minggu (3/12).

Di Medan, Sei Babura meluap mengakibatkan sejumlah kawasan terendam banjir, khususnya di daerah aliran sungai. Selain itu, tiga orang tewas terseret derasnya arus banjir.

Sementara di Tebingtinggi, air Sungai Bahilang dan Sungai Padang meluap, mengakibatkan Kota Tebingtinggi terendam sejak Jumat (1/12) malam. Dari 35 Kelurahan di Lima Kecamatan, sedikitnya 25 kelurahan dilanda banjir dengan ketinggian air 50 hingga 150 centimeter.

Akibatnya, 8.421 KK atau 33.825 jiwa harus mengungsi. Sementara kerugian material diperkirakan Rp21.777.500.000 seperti sawah, dan lahan pertanian lainnya.

Di Simalungun, sedikitnya 104 unit rumah milik warga yang berada di Pasar Bawah, Kelurahan Serbalawan, Kecamatan Dolok Batu Naggar, diterjang banjir, Jumat (1/12) malam sekira pukul 22.00 WIB.

Bencana banjir tersebut dipicu turunnya hujan deras di hulu Sungai Bawah yang tak mampu menampung besarnya debit air hingga meluap ke sisi bantaran sungai yang dihuni ratusan rumah penduduk.

Sei Babura Meluap, Sejumlah Daerah di Sumut Dilanda Banjir

Gubsu Tengku Erry Nuradi meninjau pemukiman yang dilanda banjir di Tebingtinggi, Minggu (3/12/2017). Foto: Humas Pemprovsu

Sejumlah daerah di Sumatera Utara, seperti Kota Medan, Tebingtinggi, Serdangbedagai, Simalungun, dan lainnya dilanda banjir, sejak Jumat (1/12)-Minggu (3/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News