Sejarah, MotoGP Pangkas Jumlah Lap

Sejarah, MotoGP Pangkas Jumlah Lap
Sejarah, MotoGP Pangkas Jumlah Lap

jpnn.com - SYDNEY- Balapan MotoGP seri Australia menorehkan sejarah. Untuk kali pertama sepanjang gelaran balapan kuda besi itu, jumlah lap dipangkas dua jam sebelum perlombaan digeber.

Seharusnya, balapan di Sirkuit Phillip Island, Australia, Minggu (20/10) berlangsung dalam 27 lap. Namun, Dorna selaku promotor akhirnya memutuskan menggelar balapan hanya dalam durasi 19 lap.

Keputusan itu diambil setelah karena ban yang disediakan Bridgestone dianggap sangat berbahaya untuk sirkuit Phillip Island. Pengurangan jumlah lap dianggap bisa melindungi para pembalap ketika berjibaku di atas lintasan.

Dilansir laman Fox Sport, Minggu (20/10), malam hari sebelum balapan berlangsung, Bridgestone memang sudah mengeluarkan ultimatum kepada semua tim dan pembalap.

Pabrikan asal Jepang tersebut tak menjamin bisa menyediakan ban yang berkualitas bagus untuk balapan di atas 14 lap. Pasalnya, Brisgestone menilai cuaca di Phillip Island terlalu menyengat.

Dengan berbagai pertimbangan itu, balapan akhirnya digelar hanya dalam 19 lap. Itupun masih dengan syarat tambahan: para pembalap harus masuk pit stop untuk mengganti motor maksimal di lap kesepuluh. (jos/jpnn)


SYDNEY- Balapan MotoGP seri Australia menorehkan sejarah. Untuk kali pertama sepanjang gelaran balapan kuda besi itu, jumlah lap dipangkas dua jam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News