Sejarah Terlupakan 6 Warga Tiongkok yang Selamat dari Tenggelamnya Kapal Titanic

Sejarah Terlupakan 6 Warga Tiongkok yang Selamat dari Tenggelamnya Kapal Titanic
Ling Hee, Fang Lang, Ah Lam adalah tiga dari enam pria China yang selamat. (Supplied: LP Films)

Lebih dari seratus tahun yang lalu, delapan orang pria Cina berangkat dari rumahnya dan keluarganya unuk bekerja di industri perkapalan yang berkembang.

Namun mereka belum sadar bahwa akan menjadi 'catatan kaki' dalam sejarah: penyintas bencana laut paling terkenal di dunia, tenggelamnya Titanic.

Kapal ini, yang digembar-gemborkan sebagai tidak bisa tenggelam pada saat itu, bertabrakan dengan gunung es dan tenggelam, menewaskan 1500 penumpang di dalamnya.

Saat ini sebuah dokumenter baru yang berjudul The Six sudah mengungkap apa yang terjadi pada enam penyintas orang Cina, dan mengapa ceritanya tetap tersembunyi selama bertahun-tahun.

"Bagi banyak keluarga Cina di antara diaspora Cina tersebar di seluruh dunia, ada perasaan yang sepenuhnya dapat dimengerti bahwa ini adalah cerita yang seharusnya tidak diangkat ke permukaan," kata sutradara Arthur Jones.

"Kerahasiaan itu adalah pilihan terbaik karena mereka menghadapi banyak diskriminasi… mereka harus menutupi  cerita seperti ini agar mereka bisa hidup di negara-negara ini."

Dengan satu tiket, para pria itu menuju pantai timur Amerika Serikat, yang sedang booming karena mogok batu bara di Inggris.

Bertekad untuk tidak 'dibanjiri' oleh para pendatang baru, Amerika Serikat memberlakukan Chinese Exclusion Act, yang membatasi pergerakan pekerja.

Lebih dari 100 tahun yang lalu, delapan pria Tiongkok meninggalkan rumah dan keluarga mereka untuk bekerja di industri pengiriman Amerika

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News