Sejumlah Caleg Berseliweran di Sekitar Lokasi PSU, Bawaslu Tanggapi Begini

Sejumlah Caleg Berseliweran di Sekitar Lokasi PSU, Bawaslu Tanggapi Begini
Ilustrasi - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (kiri) bersama Komisioner KPU Mochammad Afifudddin (tengah) meninjau pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di World Trade Center, Kuala Lumpur, Minggu (10/3/2024). ANTARA FOTO/Virna Puspa Setyorini/tom.

jpnn.com - JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menanggapi langkah sejumlah calon anggota legislatif (caleg) untuk DPR RI berseliweran di sekitar lokasi pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (10/3).

Menurut anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda, pihaknya tidak mempersoalkan hal tersebut.

Caleg yang tampak berseliweran antara lain caleg dari PDI Perjuangan Masinton Pasaribu, selebritas sekaligus caleg PAN Uya Kuya dan caleg PPP Achmad Baidowi.

Mereka merupakan para caleg yang bertarung di daerah pemilihan Jakarta II meliputi, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan luar negeri.

Meski tidak mempermasalahkan kedatangan para caleg tersebut, Herwyn mengaku belum mendapatkan informasi terkait kedatangan para caleg saat PSU di Kuala Lumpur.

"Bagi Bawaslu, sebenarnya, tidak ada larangan bagi siapa saja untuk hadir di pemungutan suara," ujar Herwyn di Jakarta, Senin (11/3)

Menurutnya hal itu lumrah dilakukan asal para caleg tidak melakukan perbuatan atau tindakan yang bisa mengarah ke kampanye atau mengarahkan pemilih.

"Nah, ini yang lagi kami tunggu dari Kuala Lumpur," katanya.

Sebelumnya, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dan Migrant CARE yang sedang melakukan pemantauan langsung di Kuala Lumpur menyebut ada beberapa anggota DPR RI petahana yang juga kini maju sebagai caleg hadir saat PSU Kuala Lumpur.

Bawaslu menanggapi kehadiran sejumlah calon anggota legislatif yang berseliweran di sekitar lokasi PSU di Kuala Lumpur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News