Sejumlah Organisasi Minta Menteri Nadiem Perbaiki Pola Komunikasi

Sejumlah Organisasi Minta Menteri Nadiem Perbaiki Pola Komunikasi
Mendikbud Nadiem Makarim saat memimpin upacara Hardiknas. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah organisasi di bidang pendidikan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memperbaiki pola komunikasi dengan para guru.

"Selama satu semester menjabat sebagai Mendikbud, Mas Menteri ini terlihat sedikit sekali waktu beliau bertemu guru," ujar Ketua Umum Forum Guru Muhammadiyah (FGM) M Pahri, dalam diskusi "Evaluasi Kebijakan Pendidikan Nasional" di Jakarta, Rabu (20/5).

Pahri meminta agar Mendikbud menghidupkan kembali pola komunikasi dengan forum guru.

Saat ini, akses bertemu maupun berkomunikasi dengan Mendikbud Nadiem Makarim amat sulit.

"Bagaimana kebijakan Kemendikbud bisa sampai ke tingkat guru atau sekolah, kalau sosialisasinya terhambat. Hampir 60 persen guru menilai kemampuan sosialisasi Mendikbud dibawah 70," kata dia.

Hal itu, menurut dia, merupakan hasil angket yang dilakukan FGM yang melakukan survei terhadap 1.000 guru di bawah forum tersebut.

Pahri menjelaskan hasil angket menunjukkan kemampuan Kemendikbud dalam sejumlah bidang masih di bawah rata-rata.

"Program penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mana hanya satu lembar disambut baik para guru," kata dia.

Sejumlah organisasi di bidang pendidikan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memperbaiki pola komunikasi dengan para guru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News