Sekali Klik, Data Kependudukan Tersaji Lengkap

Sekali Klik, Data Kependudukan Tersaji Lengkap
Foto ilustrasi. Humas Kemendagri

jpnn.com - LOMBOK – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri memperkenalkan sekaligus mendemonstrasikan sistem data kependudukan yang berbasis Geographic Information System (GIS).

Direktur Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah menjelaskan keunggulan dari sistem ini yakni mempermudah penyajian data secara lengkap dan rinci dengan hanya satu klik saja.

Dalam sistem data kependudukan ini dapat memperlihatkan berapa banyak penduduk yang bergolongan darah A,B,atau AB.

“Sekarang hanya dengan satu klik, semua data bisa tersaji. Lengkap dan rinci,” kata Zudan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Mataram, belum lama ini.

Zudan pun mempraktekan cara kerja sistem ini dengan membuktikan jumlah penduduk yang ada di NTB. Cukup hanya dengan mengarahkan cursor pada wilayah NTB, terlihat pada layar pada bagian tersebut terdapat kotak pada Kota Mataram .

Kotak ini memperlihatkan jumlah penduduk yang berjenis kelamin laki-laki, perempuan, yang berusia diatas 18 tahun. Semua data tersaji dengan rinci.

“Nah sekarang kita akan melihat data penduduk yang bermigrasi keluar paling banyak,” ujar Zudan. 

Semua peserta yang hadirpun menyaksikan dengan seksama dan terlihat antusias menyaksikan kecanggihan dari sistem ini.

LOMBOK – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri memperkenalkan sekaligus mendemonstrasikan sistem data

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News