Sekda Lombok Tengah Lepas 40 Peserta Sertifikasi Pemandu Wisata Gunung

Sekda Lombok Tengah Lepas 40 Peserta Sertifikasi Pemandu Wisata Gunung
Acara pelepasan 40 Orang pemandu wisata gunung yang mengikuti program sertifikasi di Aik Berik. Foto: Edi Suryansyah/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Tengah Lalu Firman Wijaya, melepas secara resmi 40 Orang pemandu wisata gunung yang mengikuti program sertifikasi, Selasa (8/8) Malam. 

Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu villa yang tidak jauh dari pintu masuk pendakian via Aik Berik, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. 

Firman menjelaskan, sertifikasi pemandu wisata gunung ini sangat penting dilakukan saat ini. 

Menurut dia, saat ini jalur pendakian via Aik Berik masih terbilang sangat ketinggalan jauh dari pada jalur yang lain. 

Kendati demikian, Sekda menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan sebagai salah satu langkah pemerintah daerah untuk menghidupkan kembali jalur pendakian via Aik Berik. 

"Acara ini dalam rangka menyiapkan calon pemandu gunung dari Lombok Tengah. Dan nanti bakal diberikan sertifikasi," kata Firman, Selasa malam. 

Dengan adanya program tersebut kata Firman, para pemandu wisata gunung di Lombok Tengah akan mendapatkan legalitas sebagai pemandu. 

"Artinya, nanti adik-adik sudah memiliki kapasitas dan kepercayaan oleh daerah sebagai pemandu," ujar Firman. 

Sekda menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan sebagai salah satu langkah pemerintah daerah untuk menghidupkan kembali jalur pendakian via Aik Berik. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News