Sekda Sumsel: Rumusan Penyusunan KLHS RPJPD Harus Bermuara Pada Kesejahteraan Masyarakat

Sekda Sumsel: Rumusan Penyusunan KLHS RPJPD Harus Bermuara Pada Kesejahteraan Masyarakat
Sekda Sumsel Sumsel Suman Asra Supriono saat membuka kegiatan Konsultasi Publik II Perumusan Skenario Pembangunan Berkelanjutan dalam rangka penyusunan KLHS RPJPD yang berlangsung di Ballroom Hotel Beston pada Selasa (22/8). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) melaksanakan Konsultasi Publik II Perumusan Skenario Pembangunan Berkelanjutan dalam rangka penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (KLHS RPJPD).

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Suman Asra Supriono yang berlangsung di Ballroom Hotel Beston pada Selasa (22/8) itu untuk mengakomodir rencana pembangunan jangka panjang di Bumi Sriwijaya.

Dalam arahannya, Sekda Supriono berharap penyusunan kajian KLHS RPJPD bermuara pada kesejahteraan masyarakat Sumsel dari berbagai aspek kehidupan.

"RPJPD yang dibahas hari ini harus mengakomodir pertumbuhan penduduk sampai tahun 2045. Mulai dari jumlah tenaga kerja, investasi yang masuk, ruang yang dibutuhkan untuk hunian masyarakat dan masih banyak yang lainnya," kata Sekda Supriono.

Untuk itu, dia meminta seluruh pemangku kepentingan, pemerintah daerah, dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Sumsel aktif memberikan masukan sehingga menghasilkan regulasi yang bermanfaat.

"Kami berharap kajian KLHS ini mendapatkan rekomendasi yang lengkap," harapnya.

Supriono menilai KLHS merupakan analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pengelolaan suatu wilayah atau Kebijakan Rencana Program (KRP).

"Kami perlu kajian yang cukup luas untuk merumuskan ini, sebanyak 17 kabupaten atau kota menjadi domain dalam pembangunan sekala besar di Sumsel," pungkasnya. (mrk/jpnn)

Pemprov Sumsel Gelar Konsultasi Publik II Perumusan Skenario Pembangunan Berkelanjutan dalam rangka penyusunan KLHS RPJPD, begini harapan Sekda Supriono


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News