Sekjen Kemnaker: Digitalisasi Akan Tingkatkan Tumbuhnya Ekonomi di Perdesaan

Sekjen Kemnaker: Digitalisasi Akan Tingkatkan Tumbuhnya Ekonomi di Perdesaan
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat dikukuhkan sebagai guru besar Profesor Ilmu Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang pada Sabtu (19/3). Foto: Kemnaker

jpnn.com, MALANG - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan bahawa perkembangan era digital menyebabkan ekonomi dunia mengalami transformasi besar ke arah pengetahuan ekonomi (knowledge economy).

Hal tersebut diungkap Sekjen Anwar dalam sambutan seusai dikukuhkan sebagai guru besar Profesor Ilmu Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang pada Sabtu (19/3).

Menurut Sekjen Anwar, dinamika perkembangan desa tidak lepas dari arus besar tersebut.

"Desa tidak hanya mengalami digitisasi, tetapi digitalisasi yang nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di perdesaan," ucap Sekjen Anwar.

Kendati begitu, dia menilai hingga saat ini masih sangat sedikit studi kebijakan publik yang menyentuh tentang kebijakan perdesaan.

Menurutnya, dari tahun 2014 hingga 2020, kajian kebijakan publik yang membahas tentang kebijakan perdesaan sangat minim.

Sementara itu tahun yang sama, kajian tentang kebijakan perkotaan mendapatkan porsi yang cukup besar.

Adapun permasalahan kedua, yaitu terjadinya stagnasi pendekatan pembangunan perdesaan.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan bahawa perkembangan era digital menyebabkan ekonomi dunia mengalami transformasi besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News