Sekjen Kemnaker: Pelatihan Vokasi Beri Dampak Nyata bagi Masyarakat

Sekjen Kemnaker: Pelatihan Vokasi Beri Dampak Nyata bagi Masyarakat
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sidoarjo menggelar Rapat Koordinasi Pelatihan Vokasi Tahun 2023. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sidoarjo menggelar Rapat Koordinasi Pelatihan Vokasi Tahun 2023.

Sekretaris Jenderal Kemnaker yang juga sebagai Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Anwar Sanusi membuka rakor tersebut yang digelar di Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (19/12/2023).

Anwar Sanusi mengatakan, rakor itu adalah bentuk pelaporan akuntabilitas atas penyelenggaraan pelatihan vokasi yang dilakukan oleh BPVP Sidoarjo bersama seluruh mitra kerjanya, baik Pemerintah Daerah, maupun industri sebagai user dari kegiatan pelatihan vokasi.

“Kami harus melaporkan kepada masyarakat bahwa semua kegiatan yang digagas oleh pemerintah memiliki dampak nyata bagi pertumbuhan masyarakat yang bekerja atau berwirausaha,” ucap dia.

Anwar menjabarkan, dalam ekosistem ketenagakerjaan, pelatihan vokasi merupakan hulu (awal) dari suatu proses ketenagakerjaan.

Menurut dia, dari pelatihan vokasi akan memperluas kesempatan kerja dan pelindungan kepada para pekerja.

“Untuk itu, kualitas produk pelatihan vokasi atau alumni pelatihan vokasi tentu seharuslah memenuhi standar dan kebutuhan pasar kerja,” bebernya.

“Apabila produk pelatihan vokasi berkualitas dan memenuhi ekspektasi pasar kerja, maka penempatan tenaga kerja/perluasan kesempatan kerja serta perlindungan tenaga kerja akan dapat lebih optimal,” lanjutnya.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sidoarjo menggelar Rapat Koordinasi Pelatihan Vokasi Tahun 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News