'Sekolah Dari Karung Beras' Sabet Penghargaan Mendikbud

Wartawan Pontianak Post Juara Lomba Penulisan Hardiknas 2013

'Sekolah Dari Karung Beras' Sabet Penghargaan Mendikbud
Ilustrasi Kemendikbud. Foto: https://lpmpntt.kemdikbud.go.id
Wartawan Pontianak Post, Heriyanto Sagiya, menjadi pemenang pertama lomba penulisan features yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Melalui tulisan berjudul "Sekolah dari Karung Beras" di Pontianak Post edisi 3 April 2013, Heriyanto mengalahkan ratusan peserta lainnya dari seluruh Indonesia.
Lomba penulisan itu digelar Kemendikbud dalam rangka memeringati Hari Pendidikan Nasional 2013. Tema dalam lomba penulisan itu adalah “Membeli Masa Depan Dengan Harga Sekarang”.

Penghargaan diserahkan Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Prof. Ainun Naim PHd yang mewakili Mendikbud Mohammad Nuh, di Jakarta, Kamis (27/6). Heriyanto mendedikasikan penghargaan ini kepada para guru dan siswa-siswi di SD Karang Anyar, yang telah berjuang dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

"Saya hanya berupaya sebaik mungkin menulis berbagai persoalan masyarakat kecil, yang kadang tidak terangkat karena jauhnya akses ke media di Perkotaan," katanya, Kamis (27/6).

Tulisan Heriyanto dalam bentuk features yang mendapat penghargaan itu menceritakan kondisi sekolah di Dusun Karang Anyar, Desa Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya di Kalimantan Barat yang cukup memprihatinkan. Sekolah tersebut dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Warga mengumpulkan sumbangan berupa beras agar bisa membangun gedung sekolah. Warga juga secara swadaya membayar gaji guru yang mengajar di sana.

Saat ini, ada tiga guru yang mengajar di dusun itu. Meski dengan segala keterbatasan, mereka tetap semangat untuk mendidik. Perjuangan warga dalam mendirikan sekolah itu yang dipotret Heriyanto melalui tulisannya berjudul Sekolah dari Karung Beras.

Keluar sebagai pemenang kedua adalah Ag. Tri Joko Her Riadi dari Pikiran Rakyat dan M. Hilmi Setiawan dari Jawa Pos sebagai juara ketiga.

Sedangkan untuk penulisan artikel, dewan juri menyatakan I Gusti Ketut Tribana (Bali Tribune) di urutan pertama. Menyusul kemudian Lukman Hakim Husnan (Kabar Sumatera) dan Gusnaldi (Singgalang) masing-masing di urutan kedua dan ketiga.

Wartawan Pontianak Post, Heriyanto Sagiya, menjadi pemenang pertama lomba penulisan features yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News