Sekolah Islam di Australia Kebanjiran Peminat

Sekolah Islam di Australia Kebanjiran Peminat
Sekolah Islam seperti Australian International Academy menerima peningkatan murid tinggi dalam beberapa tahun terakhir. (ABC News: Brendan Esposito)

Jumlah pendaftaran murid sekolah dasar dan menengah swasta di Australia lebih tinggi dari mereka yang masuk ke sekolah negeri pada tahun 2021.

Menurut laporan tahunan pendidikan yang dibuat oleh Biro Statistik Australia (ABS), jumlah murid sekolah dasar dan menengah negeri turun 0,2 persen.

Sementara sekolah swasta yang memungut bayaran, tetapi murah, seperti sekolah Islam dan Gereja Anglikan, mengalami lonjakan pendaftaran.

Perpindahan dari sekolah negeri ke swasta paling banyak terjadi sekolah dasar dengan 0,8 persen murid yang pindah.

Secara keseluruhan sekolah swasta mengalami peningkatan jumlah murid sebanyak 2,2 persen di seluruh Australia yaitu sekitar 30.101 murid baru.

ABS mengatakan penutupan perbatasan internasional yang dilakukan Australia semasa COVID dan berkurangnya jumlah imigran yang masuk dibandingkan yang keluar pertama kalinya sejak tahun 1946, menjadi salah satu penyebab utama karena mereka yang datang pada umumnya memilih sekolah negeri untuk anak-anak mereka.

Baik sekolah negeri maupun sekolah swasta mendapatkan bantuan keuangan dari pemerintah, tetapi sekolah swasta masih bisa memungut bayaran tambahan dari murid-murid mereka.

Sekolah negeri mendapat bantuan sekitar AUD 14.776 (sekitar Rp 147 juta), dari pendanaan negara bagian dan pemerintah federal.

Jumlah pendaftaran murid sekolah dasar dan menengah swasta di Australia lebih tinggi dari mereka yang masuk ke sekolah negeri pada tahun 2021

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News