Sekolah Kejuruan Lebih Berpeluang Masuk CPNS

Sekolah Kejuruan Lebih Berpeluang Masuk CPNS
Sekolah Kejuruan Lebih Berpeluang Masuk CPNS
JAKARTA- Sekolah Menengah Kejuruan berpeluang besar dalam seleksi CPNS 2009. Hal ini terkait target Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) untuk meningkatkan human development indeks (HDI).

“Dalam seleksi CPNS bukan semata melihat strata pendidikannya, tapi lebih melihat pada keahlian, cocok atau tidak dengan pekerjaan, dan kebutuhan daerah. Kalau Pemda butuh lulusan SMP untuk menjaga mercusuar misalnya, akan kami pertimbangkan,” ujar Deputi Meneg PAN Bidang SDM Aparatur Ramli Naibaho yang dihubungi via telepon, Selasa (12/5)

Meski saat ini peserta seleksi CPNS pusat diberikan minimal pendidikan DIII, pemerintah tetap membuka peluang untuk sekolah menengah atas khususnya kejuruan. “Menpan memberikan peluang seluas-luasnya untuk lulusan sekolah kejuruan seperti jurusan ekonomi, kesehatan, pendidikan yang sudah siap bekerja,” ucapnya.

Pentingnya keahlian dari seorang CPNS menurut Ramli karena PNS dituntut bekerja lebih professional. Kalau dulu satu pekerjaan bisa dikejarkan lima orang, kini lima pekerjaan dilaksanakan satu PNS. “Contohnya guru, satu guru meng-handle 20 murid SD, sedangkan TK satu guru 15 anak,” tandasnya. (esy/JPNN)

JAKARTA- Sekolah Menengah Kejuruan berpeluang besar dalam seleksi CPNS 2009. Hal ini terkait target Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News