JPNN.com

Sekolah Pribadi Bandung Tetap Berprestasi di Masa Pandemi COVID-19

Selasa, 04 Agustus 2020 – 08:47 WIB
Sekolah Pribadi Bandung Tetap Berprestasi di Masa Pandemi COVID-19 - JPNN.com
Salah satu siswa Sekolah Pribadi Depok belajar daring di rumah. Foto: Humas Sekolah Pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kondisi pandemi COVID-19 yang belum bisa diperkirakan ujungnya, memaksa banyak lembaga pendidikan di berbagai wilayah Indonesia untuk menyelenggarakan pembelajaran Tahun Ajaran 2020-2021 melalui moda daring.

Berbagai pro dan kontra pun terjadi di tengah masyarakat, khususnya para tenaga pendidik dan orang tua siswa.

Sebagian menganggap pembelajaran daring tidak efektif dan menghendaki dibuka kembali kegiatan pembelajaran luring atau tatap muka. Sementara sebagian lainnya menerima kondisi pembelajaran daring dengan berbagai kekurangannya karena lebih mengutamakan keselamatan dari kondisi pandemi.

“Pembelajaran daring tidak lantas dimaknai dengan linear, bahwa guru makan gaji buta karena siswa berada di rumah sehingga lebih santai untuk mengajar," kata Rahmat Hidayat, Kepala SMA Pribadi Bandung kepada JPNN.com, Selasa (4/8).

Di tengah kondisi pandemi, lanjutnya, pembelajaran daring memberikan tantangan sekaligus beban yang luar biasa bagi tenaga pendidik untuk lebih kreatif dan disiplin dalam mengonversi kegiatan luring menjadi daring.

"Pola kerja berubah seperti bekerja di stasiun televisi atau media massa, harus ramah dengan frasa deadline," ucap Rahmat.

Sekolah Pribadi Bandung melaksanakan pembelajaran secara daring dengan menggabungkan sesi tatap muka melalui teleconferencing tools seperti zoom dan sesi blended learning dengan menggunakan Learning Management System (LMS) Platform blended learning yang mengakomodasi berbagai materi pembelajaran seperti slide penjelasan konsep, presentasi interaktif, games interaktif, video pembelajaran, dan juga berbagai bentuk assessment/teknik penilaian.

Pribadi LMS juga mengakomodasi video pembelajaran yang telah direkam sebelumna secara profesional. Pribadi Bandung LMS bisa diakses oleh siswa kapan pun, tidak terikat di jam pelajaran tertentu saja sehingga memberikan fleksibilitas belajar bagi siswa.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo