Sekolah Rusak Parah Jadi Prioritas

Sekolah Rusak Parah Jadi Prioritas
Sekolah Rusak Parah Jadi Prioritas
INDRAMAYU – Banyaknya bangunan sekolah, khususnya SD yang rusak parah dan nyaris ambruk, memang dikeluhkan masyarakat. Selain mengganggu proses kegiatan belajar mengajar, kondisi bangunan yang rusak juga bisa mengancam jiwa. Sayangnya, banyak bangunan seperti itu yang belum mendapat perhatian serius dari instansi terkait. Bagaimana pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu menyikapi persoalan ini?

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Dr H Suhaeli MSi melalui Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Drs H Haryono MSi mengatakan, hingga saat ini memang masih banyak ruang kelas belajar (RKB) yang rusak.

Meskipun demikian, pihak Dinas Pendidikan memang menggunakan skala prioritas dalam membangun gedung sekolah. Untuk gedung yang ambruk atau nyaris ambruk, kata Haryono, sudah tentu akan mendapat prioritas utama dalam pembangunan. Baik pembangunan yang menggunakan dana APBD kabupaten, APBD provinsi maupun APBN. “Bagi SD yang ambruk atau nyaris ambruk, tentu akan kami prioritaskan untuk mendapat rehab atau pembangunan RKB,” kata Haryono.

Haryono mengakui, jumlah bangunan SD atau RKB yang rusak memang cukup banyak. Sehingga, tidak mampu kalau hanya mengandalkan dari APBD Kabupaten Indramayu. Untuk itulah, pembangunan atau rehab tersebut harus dilakukan sharing antara APBD kabupaten, provinsi dan APBN. Selain membuat kegiatan belajar mengajar tidak nyaman, kondisi sekolah yang rusak parah juga mengancam keselamatan jiwa akibat bangunan yang nyaris ambruk.

INDRAMAYU – Banyaknya bangunan sekolah, khususnya SD yang rusak parah dan nyaris ambruk, memang dikeluhkan masyarakat. Selain mengganggu proses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News