Sekolah Unggulan, Persaingan Ketat tapi...

Sekolah Unggulan, Persaingan Ketat tapi...
SMP Negeri I Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Foto: Padang Ekspres/JPG

jpnn.com - GEDUNG SMP Negeri  I Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, berada di lokasi yang strategis. Sekolah tersebut merupakan tertua di Kecamatan IV Jurai dan banyak diminati pelajar. Tak hanya unggul di bidang akademik, namun juga di bidang ekstrakurikuler.  Sayangnya mobiler banyak tak layak pakai.

Yoni Syafrizal-Painan

Sejumlah siswa terlihat sedang berjalan di halaman sekolah, Jumat (19/2). Bangunan SMPN 1 Painan dua tingkat dan berwarna kuning dan hijau. Di halaman sekolah, banyak ditumbuhi bunga dan pepohonan. Lingkungannya terlihat asri dan bersih.  

Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Painan Ibrah M bercerita, dia menjatuhkan pilihan sekolah tersebut karena banyak keunggulannya. Salah satunya, lulusan SMPN 1 Painan dapat diterima di sekolah-sekolah favorit di dalam dan luar Pessel. 

Untuk dapat diterima, dia memang harus mengikuti tes cukup berat dan bersaing dengan pelajar lainnya dari seluruh sekolah di Pessel. 

“Karena ini sekolah unggul, maka semua tamatannya di Pessel berhak mendaftar dan sekolah di sekolah ini. Namun, untuk diterima bukan perkara mudah. Sebab harus melalui tes atau seleksi ketat. Alhamdulillah, saya termasuk salah satu yang beruntung ketika itu," ungkapnya. 

Menurutnya, beratnya persaingan membuat dirinya dan siswa lainnya memiliki beban dan tanggungjawab moral tinggi untuk terus mempertahankan prestasi yang sudah diraih. “Saya merasa punya tanggungjawab moral untuk dapat mempertahankan prestasi dan tak membuat malu nama sekolah,” tandasnya.  

Pelajar lainnya, Feli Melisa mengaku setiap siswa dibekali pelajaran tambahan. Guru dan kepala sekolah juga mengarahkan siswanya agar tak salah memilih sekolah untuk kelanjutan pendidikan para alumninya. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News