Sektor Pertanian Tumbuh Selama Pandemi, Ekonom Indef: Ekosistem Harus Ditingkatkan

Sektor Pertanian Tumbuh Selama Pandemi, Ekonom Indef: Ekosistem Harus Ditingkatkan
Ekonom Senior Indef Bustanul Arifin mengapresiasi kebijakan dan program yang dijalankan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) selama tiga tahun terakhir. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom Senior Indef Bustanul Arifin mengapresiasi kebijakan dan program yang dijalankan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) selama tiga tahun terakhir.

Menurutnya, sektor pertanian tumbuh 1,84 persen dan menjadi bantalan resesi selama pandemi covid 19.

"Kalau tidak ada pertanian mungkin krisis benaran. Jadi, apresiasi kepada Pak Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) karena pertanian menjadi bantalan ekonomi nasional," ujar Bustanul, Rabu (8/6).

Bustanul mengatakan perekonomian Indonesia sejauh ini terus mengalami perbaikan yang sangat positif.

Pada tahun lalu, Indonesia tumbuh 3,69 persen.

Disisi lain, ketersediaan beras pada produktivitas 2021 juga mulai meningkat.

Meski demikian, Bustanul berharap agar pemerintah terus meningkatkan skala kerjanya, terutama di dalam menghadapi geopolitik global yang saat ini terfokus pada konflik Rusia-Ukraina.

"Rekomendasi saya untuk pangan nasional adalah: di dalam menghadapi geopolitik dan geostrategi global menaikan harga pangan secara spesifik di Indonesia harus diantisipasi agar kondisinya lebih baik lagi," katanya.

Bustanul berharap agar pemerintah terus melakukan pendampingan kepada para petani di semua desa dan sentra.

Ekonom Senior Indef Bustanul Arifin mengapresiasi kebijakan dan program yang dijalankan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) selama tiga tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News