Sektor Ritel Masih Menggiurkan

Sektor Ritel Masih Menggiurkan
Sektor Ritel Masih Menggiurkan
JAKARTA  - Peluang bisnis ritel di tanah air dinilai masih sangat menggiurkan. Indonesia dengan populasi penduduk yang besar serta didukung makin membaiknya kondisi perekonomian, memang menggoda peritel baik minimarket maupun hypermarket beramai-ramai membuka outlet barunya.

Dari sisi regulasi, pemerintah pun membuka lebar-lebar keran pengembangan ritel ini, baik pemain lokal maupun asing. Pasalnya, selain sebagai tambahan investasi, ekspansi ritel dipandang mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Kondisi ini tak pelak membuat persaingan sektor ritel semakin sengit. Pemain-pemain baru, terutama ritel asing dengan modal jumbo makin menancapkan bisnisnya. Lalu kira-kira seperti apa peta persaingan sektor ini ke depan? Akankah ritel lokal tenggelam ditelan pemain-pemain asing?

Secara umum, tumbuhnya ritel asing tersebut berdampak bak dua sisi mata uang. Dari sisi persaingan usaha sudah pasti akan menggerus omset penjualan seiring makin ketatnya industri itu. Namun di lain pihak, kehadiran pesaing itu justru memberikan pelajaran bagi perusahaan ritel lokal untuk bisa berkompetisi dan mengambil sisi positif, yakni jeli dalam terjun ke pasar.

JAKARTA  - Peluang bisnis ritel di tanah air dinilai masih sangat menggiurkan. Indonesia dengan populasi penduduk yang besar serta didukung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News