Selain PKB, Koalisi Bakal Tetap Setia dan Tulus ke Jokowi

Selain PKB, Koalisi Bakal Tetap Setia dan Tulus ke Jokowi
Siti Zuhro. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro memprediksi partai pengusung dan pendukung Joko Widodo atau Jokowi bakal setia kepada petahan, meski nanti muncul cawapres bukan dari koalisi.

Menurut Siti, partai-partai di koalisi Jokowi tidak akan hengkang. “Saya melihatnya mereka settle. Sepertinya tidak (meninggalkan),” kata Siti di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/4).

Namun dia menambahkan, yang sekarang belum jelas sikapnya adalah PKB. Dia menilai PKB masih memainkan strategi wait and see, sehingga bersifat fleksibel atau masih bisa ke mana-mana.

Menurut Siti, pendukung Jokowi seperti PPP, Nasdem maupun Hanura sudah settle mendukung sang petahana. “Jadi menurut saya sejak awal mereka tulus,” ungkapnya.

Nah, Siti yakin, pada akhirnya nanti pilihan Jokowi akan diikuti partai-partai pengusung dan pendukung.

“Sekarang ini banyak sekali dan partai-partai luar biasa beraninya mengusung kadernya jadi cawapresnya. Tentu ada pertimbangan-pertimbangan, hitung-hitungan politik sendiri yang dilakukan Pak Jokowi supaya koalisi tetap solid lalu pilihannya bisa diterima,” paparnya. (boy/jpnn)

 


Siti Zuhro menilai PKB masih memainkan strategi wait and see di koalisi pendukung Jokowi untuk Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News