JPNN.com

Selama ASEAN Kompak, AS dan Tiongkok Tak Bisa Berbuat Banyak

Kamis, 26 November 2020 – 05:58 WIB
Selama ASEAN Kompak, AS dan Tiongkok Tak Bisa Berbuat Banyak - JPNN.com

jpnn.com, MANILA - Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan, Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) terjebak di tengah-tengah rivalitas AS dan Tiongkok memperebutkan pengaruh di kawasan.

Namun, lanjut dia, ASEAN memiliki kemampuan untuk memelihara stabilitas di kawasan asalkan seluruh anggota menempuh cara yang sama.

"Di mana ASEAN di tengah rivalitas negara-negara kuat? Visi Sentralitas ASEAN memang ada, tetapi yang terjadi justru sebaliknya," ujar dia.

"ASEAN, jika bersatu, maka akan memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi isu dan peristiwa di Laut China Selatan," tambah Lorenzana.

Untuk seorang menteri anggota ASEAN, pernyataan Lorenzana itu cukup lugas. ASEAN cukup jarang berbicara mewakili perhimpunan untuk menentang militerisasi secara terang-terangan atau bersikap agresif.

Pasalnya, beberapa negara khawatir langkah itu akan membuat geram Beijing atau Washington.

Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam memperebutkan wilayah di Laut China Selatan dengan Tiongkok. Negara-negara itu, kecuali Brunei, sempat menghadapi kapal-kapal Tiongkok di batas wilayahnya.

Tiongkok tidak mengakui keputusan mahkamah arbitrase internasional pada 2016 yang membatalkan klaim Beijing bahwa kedaulatan wilayahnya membentang di sebagian besar wilayah Laut China Selatan.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil