Selamat! Jateng Raih Penghargaan Sebagai Provinsi Pelopor Layak Anak

Selamat! Jateng Raih Penghargaan Sebagai Provinsi Pelopor Layak Anak
Gubernur Ganjar Pranowo bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2AKB) Jateng, Retno Sudewi. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan sebagai Provinsi Pelopor Layak Anak.

Penghargaan itu diterima Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2AKB) Jateng, Retno Sudewi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak secara daring, Kamis (29/7).

Retno Sudewi menyebutkan penghargaan itu diperoleh karena seluruh daerah di Jawa Tengah sudah dinyatakan layak anak.

“Alhamdulillah, 100 persen kabupaten/kota di Jateng sudah dinyatakan layak anak sehingga hari ini Jateng jadi pelopor provinsi layak anak di Indonesia," ungkapnya.

Dia mengatakan sebelumnya ada tiga kabupaten/kota di Jateng yang belum layak anak, antara lain Purbalingga, Wonogiri dan Banjarnegara.

"Tahun ini ketiganya sudah masuk sebagai Kabupaten/Kota layak anak. Jadi sudah lengkap," jelas wanita yang akrab disapa Dewi ini.

Dewi menjelaskan dari 35 kabupaten/kota di Jateng yang mendapatkan penghargaan, sebanyak 14 kabupaten/kota berpredikat madya, 13 mendapat predikat pratama dan 7 kabupaten/kota mendapat predikat nindya.

"Satu-satunya daerah di Jateng yang mendapat predikat utama adalah Kota Surakarta," ucapnya.

Penghargaan dari Kementerian PPPA diperoleh karena seluruh daerah di Jawa Tengah sudah dinyatakan layak anak.