Selamat, Kepala Bea Cukai Priok Raih Gelar PPT Terbaik di Anugerah ASN 2019

Selamat, Kepala Bea Cukai Priok Raih Gelar PPT Terbaik di Anugerah ASN 2019
Kepala Bea Cukai Priok raih gelar PPT Terbaik di Anugerah ASN 2019. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tanjung Priok Dwi Teguh Wibowo, berhasil meraih peringkat pertama Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dalam ajang penghargaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Dwi Teguh memperoleh Piala Adhigana yang diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, pada malam penghargaan ASN yang digelar pada Senin (2/12). Dedikasi, loyalitas, dan perubahan secara kontinyu yang dilakukannya selama ia menjabat sebagai PPT membuat KPU Bea Cukai Tanjung Priok menorehkan segudang prestasi, antara lain penurunan Customs Clearance dari 0,79 hari (target 0,88 hari di tahun 2017) menjadi 0,55 hari (target 0,71 hari tahun 2018).

Dwi Teguh memberikan tanggapan atas keberhasilan dirinya dalam meraih penghargaan tersebut, “Menilai suatu tugas, kedudukan, atau jabatan sebagai suatu amanah ataupun beban, maka kita akan berusaha sebaik mungkin melaksankannya. Proses salah satu upaya menuju output yang terbaik, monitor dan evaluasi untuk menjaga dan continues improvement, tanpa harus memikirkan akan diberikan timbal balik apapun membuat kita menjadi tetap semangat dan belajar ikhlas,” ujarnya.

Selain Dwi Teguh, terdapat juga empat PPT Pratama Teladan lainnya yang turut mendapatkan piala tersebut, antara lain Firmansyah Eka Putra dari Dinas Komunikasi Informasi, Statistik, dan Persandian Kota Pekanbaru; Iwan Dakota dari Kementerian Kesehatan; Iwan Suprijanto dari Kementerian PUPR; dan Mursyid Bustami dari Kementerian Kesehatan.

Selain PPT Pratama Teladan kategori lain yang juga mendapatkan anugerah pada malam penganugerahaan tersebut adalah ASN Inspiratif, dan the Future Leader. Para pemenang telah melewati eberapa tahapan seleksi yakni seleksi administrasi, seleksi tiga tahap, verifikasi lapangan, dan tahapan wawancara. Mereka telah bersaing ketat dengan ASN lainnya yang diusulkan dalam ajang ini.

Pada pembukaan, sebanyak 1.051 usulan ASN dari 281 instansi pemerintah diusulkan dalam Anugerah ASN 2019. Dari usulan yang masuk tersebut, dilakukan seleksi administrasi dan seleksi tahap I kemudian dipilih 100 kandidat terbaik dari ketiga kategori. Pada seleksi tahap II, telah dipilih 10 kandidat terbaik di setiap kategori dan dilakukan verifikasi lapangan. Selanjutnya, pada seleksi tahap III, dari 10 nomine terbaik dipilih top 5 pada masing-masing kategori. Top 5 di kategori PNS Inspiratif, The Future Leader, dan PPT Pratama Teladan tersebut wajib mengikuti tahapan wawancara.

Adhigana sendiri diambil dari bahasa Sansekerta bermakna seorang individu dari golongan unggul. Secara lebih dalam, sifat dari nama Adhigana memiliki ciri peduli sesama, dermawan, tidak mementingkan diri sendiri, patuh terhadap kewajiban, serta ekspresi kreatif.(jpnn)

Kepala Bea Cukai Tanjung Priok Dwi Teguh Wibowo meraih peringkat pertama PPT Pratama Teladan di Anugerah ASN 2019.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News