Selamat! Tiongkok Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB

Selamat! Tiongkok Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB
Bendera Tiongkok. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Tiongkok terpilih sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) periode 2021-2023 dalam dalam sidang umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Tiongkok menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada negara-negara anggota atas dukungan mereka dan selamat juga kepada negara anggota terpilih lainnya," kata utusan khusus Tiongkok di PBB dalam pernyataan tertulis yang diterima pada Rabu (14/10).

Dalam pernyataan tersebut, utusan khusus Tiongkok menyampaikan bahwa negaranya akan selalu memberikan dukungan dan perlindungan hak-hak asasi manusia.

Tiongkok telah meraih pencapaian besar dalam pembangunan HAM sesuai dengan karakteristik Tiongkok, demikian pernyataan tertulis utusan khusus Tiongkok tersebut.

Sebelumnya, Tiongkok sudah empat kali menjadi anggota Dewan HAM PBB, dan dalam kesempatan ini Tiongkok berjanji akan melanjutkan penegakan multilateralisme sesuai prinsip-prinsip yang tertuang dalam Piagam PBB.

Tiongkok berkomitmen untuk berpartisipasi lebih mendalam pada Dewan HAM PBB melalui kerja sama internasional di bidang hak asasi manusia dan menentang politisasi isu-isu hak asasi manusia dan praktik-praktik berstandar ganda dalam upaya pembangunan HAM yang sehat di dunia internasional.

Dewan HAM PBB yang didirikan pada 2006 merupakan organisasi yang mendukung dan bertanggung jawab atas perlindungan hak-hak asasi manusia.

Lembaga di bawah PBB tersebut beranggotakan 47 negara.

Meski kerap dituduh mendiskriminasi umat Islam, terutama etnis Uighur, Tiongkok ternyata dianggap layak masuk Dewan HAM PBB

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News