JPNN.com

Makin Mesra, Tiongkok dan Malaysia Sepakat soal Laut China Selatan

Rabu, 14 Oktober 2020 – 23:54 WIB
Makin Mesra, Tiongkok dan Malaysia Sepakat soal Laut China Selatan - JPNN.com
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi. Foto: ZHU XINGXIN / CHINA DAILY

jpnn.com, PUTRAJAYA - Tiongkok dan Malaysia mencapai serangkaian konsensus tentang berbagai isu termasuk memperkuat kerja sama bilateral, memerangi COVID-19, menegakkan multilateralisme, serta menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dalam konferensi pers di Putrajaya, Malaysia, Selasa (13/10).

Didampingi Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein usai pertemuan bilateral kedua pemimpin, Wang menuturkan bahwa lawatannya merupakan kunjungan pertama menteri luar negeri Tiongkok ke Malaysia sejak wabah COVID-19 merebak.

Dirinya juga menjadi menteri luar negeri pertama yang secara resmi diterima Malaysia sejak itu, menunjukkan kemitraan strategis komprehensif tingkat tinggi antara kedua negara. Ini juga menunjukkan tradisi baik saling percaya dan saling mendukung antara kedua negara.

"Menghadapi berbagai tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, China dan Malaysia bekerja sama dengan solidaritas untuk mengatasi masa sulit ini, mencapai kemajuan besar bersama dalam melawan COVID-19 dan memperdalam persahabatan antara saudara dan tetangga," tuturnya.

Wang menyampaikan, perdagangan dan investasi antara Tiongkok dan Malaysia telah melawan tren dengan mencatatkan pertumbuhan, sementara kerja sama bilateral di seluruh sektor terus bergerak maju.

Wang menambahkan bahwa hubungan bilateral kedua negara menunjukkan ketahanan yang kuat dan kerja sama ini akan merangkul prospek yang lebih cerah lagi.

"Kedua negara akan membentuk komite kerja sama tingkat tinggi yang dipimpin oleh kedua menteri luar negeri dan akan merumuskan dokumen kerangka kerja sama antarpemerintah guna memajukan kerja sama di berbagai bidang secara terkoordinasi, dan untuk membawa kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Malaysia ke tingkat yang lebih tinggi," beber dia.

Sumber Xinhua

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil