Selamatkan 27 Siswa dengan Tangan Kosong

Selamatkan 27 Siswa dengan Tangan Kosong
Selamatkan 27 Siswa dengan Tangan Kosong
YUSHU - Gerak cepat yang dilakukan para guru di Sekolah Dasar Yushu No 3 tak sia-sia. Mereka berhasil menyelamatkan 27 siswanya dari timbunan reruntuhan gedung sekolah. Hebatnya, upaya penyelamatan itu dilakukan dengan tangan kosong.

Dilaporkan Beijing Times, para pendidik itu juga mengevakuasi 34 korban tewas akibat gempa dahsyat 7,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang County Yushu, barat laut Provinsi Qinghai, Tiongkok. "Saat itu kami tidak memiliki peralatan. Hampir semua guru hanya menggunakan tangan kosong," ujar Wen Ming, wakil kepala sekolah.

Menurut Wen Ming, begitu lindu berlalu, sekitar 60 guru secepatnya berjibaku menggali reruntuhan gedung sekolah. Mereka berusaha menyelamatkan nyawa 200-an siswanya yang terjebak dalam puing-puing gedung. Akibat gempa, 18 bangunan kelas sekolah itu ambruk. Nyaris 80 persen bangunan sekolah rata dengan tanah.

Sejatinya, sejumlah guru juga kehilangan keluarga dalam musibah tersebut. Namun, mereka berjuang mati-matian mengutamakan nasib siswanya, sampai-sampai tidak sempat pulang. "Banyak siswa termasuk yang luka dibaringkan di tanah. Mereka menderita kedinginan," tangis kepala sekolah.

YUSHU - Gerak cepat yang dilakukan para guru di Sekolah Dasar Yushu No 3 tak sia-sia. Mereka berhasil menyelamatkan 27 siswanya dari timbunan reruntuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News