Selamatkan Garuda Indonesia, Erick Thohir Berhasil Renegosiasi Lessor Besar

Selamatkan Garuda Indonesia, Erick Thohir Berhasil Renegosiasi Lessor Besar
Ilustrasi - Pesawat Garuda Indonesia. Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Upaya Menteri BUMN Erick Thohir menyembuhkan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dari keterpurukan terus menemukan jalan terang.

Kini berembus kabar baik setelah empat lessor besar Garuda Indonesia telah menyetujui proposal perdamaian terkait restrukturisasi utang.

"Berita bagusnya, empat lessor yang menyetujui (restrukturisasi) ini adalah para lessor besar," ujar Erick.

Seperti diketahui, Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dan renegosiasi dengan para lessor (penyedia pesawat) adalah bagian dari langkah Erick dalam menyelamatkan Garuda Indonesia. Selain itu, dia juga melakukan restrukturisasi besar-besaran.

Garuda Indonesia telah menyampaikan proposal perdamaian kepada seluruh lessor pada November 2021 silam.

Erick mengatakan empat lessor besar telah memberikan persetujuan atau dukungan terhadap upaya restrukturisasi, sementara mayoritas 35 lessor sedang tahap negosiasi.

Namun, menurut Erick, Garuda Indonesia harus bisa mendapatkan tiga tambahan dukungan dari lessor besar lainnya. Dukungan tambahan itu diperlukan agar persentase mayoritas lessor bisa menyetujui restrukturisasi.

"Yang sisa banyak itu kecil-kecil lessor-nya. Inilah kenapa kita terus fokus pada negosiasi para lessor besar ini," tutur Erick.

Empat lessor besar Garuda Indonesia telah menyetujui proposal perdamaian terkait restrukturisasi utang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News