Selebritas dan Influencer Dilibatkan dalam Lomba Lari Malam 25 Km

Selebritas dan Influencer Dilibatkan dalam Lomba Lari Malam 25 Km
Kemendikbudristek akan menggelar SangiRUN: 25K Night Trail Run. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek menggelar event bertajuk SangiRUN: 25K Night Trail Run. Event yang merupakan kolaborasi bersama Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Pemkab Sragen dan Karang Anyar ini diselenggarakan untuk memperingati 25 tahun ditetapkannya Situs Cagar Budaya Sangiran sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekadar lomba lari atau kegiatan yang bersifat fisik.

"Ini juga untuk memperlihatkan kemampuan manusia dalam beradaptasi terhadap lingkungan yang masih relevan dengan masa kini,' ujar Dirjen Hilmar, Jumat (29/10).

Narasi yang dibangun melalui event ini adalah bahwa masyarakat masa lampau (manusia purba) pernah hidup di Sangiran, di mana pada waktu itu sebagian besar kegiatan mereka dilakukan dengan pelibatan aspek fisik. 

Hilmar menambahkan, ajang ini diharapkan bisa lebih memperkenalkan Situs Sangiran kepada masyarakat luas. Masyarakat akan mengenal dan mengapresiasi lebih jauh Situs Sangiran l yang sangat penting bagi dunia, yakni dalam hal proses evolusi manusia. 

Selain itu, menurut Hilmar keberadaan Situs Sangiran bisa menghadirkan manfaat kesejahteraan dan wisata budaya bagi masyarakat Sangiran.

Ketua Panitia SangiRUN Night Trail 2021, Andre Donas menambahkan ajang lari malam dipilih karena trek lari sepanjang 25 kilometer akan dihiasi dengan instalasi cahaya pada titik tertentu seperti saat start dan finish.

Kemudian sepanjang trek juga akan dilengkapi dengan forest video mapping dan ornamen yang menggambarkan evolusi manusia purba. Sepanjang lintasan lari juga akan diterangi oleh nyala obor. 

Kemendikbud akan menggelar lomba lari malam 25 km yang melibatkan selebritas, Influencer, dan pelari elite.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News