JPNN.com

Seleksi Nasional Siswa Baru Madrasah Aliyah Dimulai Pekan Depan

Rabu, 19 Februari 2020 – 22:43 WIB Seleksi Nasional Siswa Baru Madrasah Aliyah Dimulai Pekan Depan - JPNN.com
Ujian Nasional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 17.334 siswa akan mengikuti Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah. Seleksi akan digelar pekan depan.

“Total ada 17.334 siswa yang mendaftar SNPDB Madrasah Aliyah. Seleksi nasional berlangsung 22 – 23 Februari 2020,” kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar di Jakarta, Rabu (19/2).

SNPDB madrasah terbagi menjadi tiga, yaitu: MAN Insan Cendekia (IC), MAN Program Keagamaan (MAN PK), dan MA Kejuruan Negeri (MAKN). Untuk MAN IC ada 14.847 pendaftar, MAN PK 2.182 pendaftar, sedang MAKN 305 pendaftar.

Kementerian Agama membina 23 MAN Insan Cendekia, yaitu: MAN IC Serpong, Padang Pariaman, Kota Pekalongan, Jambi, Pasuruan, Gorontalo, Ogan Komering Ilir, Tanah Laut, Siak, Kota Batam, Lampung Timur, Aceh Timur, Paser, Kota Kendari, Lombok Timur, Bengkulu Tengah, Sorong, Kota Palu, Bangka Tengah, Sambas, Gowa, Halmahera Barat dan Tapanuli Selatan.

MAN PK binaan Kementerian Agama ada 10, yaitu: MAN 2 Kota Padang Panjang, MAN 1 Surakarta, MAN 4 Banjar, MAN 1 Jember, MAN 3 Kota Makassar, MAN 2 Mataram, MAN DarussalamCiamis, MAN 2 Samarinda, dan MAN 1 Yogyakarta. Sedang untuk MA Kejuruan Negeri baru ada dua, yaitu: MAKN Ende dan MAKN Bolaang Mongondow.

Menurut Umar, SNPDB MANIC-MANPK-MAKN ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan. Sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.

Indikator tes bakat skolastik yang diukur antara lain berupa kemampuan verbal, kuantitatif/numerik, logika/penalaran, dan kepribadian. Juga tes akademik yang meliputi bidang studi Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Umar mengatakan, ada dua jalur untuk ikut SNPDB Madrasah, jalur tes dan prestasi. Untuk peserta jalur pertama, akan mengikuti tes berbasis CBT (Computer Based Asested) pada 22 – 23 Februari 2020. Khusus untuk pilihan MAN PK, selain CBT akan dilakukan juga tes wawancara pada 22 – 24 Februari 2020.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...