Selly: Bansos Sangat Vital untuk Bounce Back Ekonomi

Selly: Bansos Sangat Vital untuk Bounce Back Ekonomi
Penerima bansos PKH. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR Selly Andriany Gantina mengatakan kebijakan bantuan sosial atau bansos saat pandemi Covid-19 sangat vital untuk bounce back ekonomi yang mengalami kontraksi atau -5,32 persen di Kuartal II 2020. Menurut Selly, bansos merupakan kebijakan unggulan yang akan menjadi penentu pertumbuhan ekonomi.

"Saya kira bansos bakal sangat vital untuk bounce back ekonomi kita," tegas Selly dalam keterangannya kepada wartawan.

Selly mengatakan yang terkontraksi paling utama ialah ekonomi riil dan keluarga di masa pandemi Covid-19 ini.

Menurut dia, tingkat konsumsi angkanya stabil. Namun, tingkat pendapatan riil tiap keluarga banyak yang turun. "Bansos ini datang untuk isi gap (selisih) itu. Jadi ekonomi riil di tingkat keluarga terjaga," kata politikus PDI Perjuangan ini.

Menurut Selly, ini belum termasuk beberapa stimulus lagi dari pemerintah. Seperti untuk UMKM, maupun dunia digital. "Bansos ini akan jadi faktor penentu," kata dia.

Menurutnya, bansos masih perlu dilanjutkan dengan sedikit perbaikan-perbaikan teknis. "Kita harus pastikan uang berputar di masyarakat secara riil," katanya.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis product domestic bruto (PDB) Triwulan II 2020 mengalami kontraksi yakni -5,32 persen.

Hasil itu disebut sebagai dampak dari berbagai variabel perubahan akibat Covid-19 yang melanda seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Selly Gantina optimistis penyaluran bansos akan memperbaiki tingkat pertumbuhan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News