Semangat Swasembada Pangan Digaungkan di Jambore Penyuluh Pertanian 2023

Semangat Swasembada Pangan Digaungkan di Jambore Penyuluh Pertanian 2023
Semangat swasembada pangan digaungkan di Jambore Penyuluh Pertanian 2023. Foto: Kementan

jpnn.com, PALU - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan Jambore Penyuluh Pertanian Tahun 2023.

Acara ini diadakan di Sidera pada tanggal 5 November sampai dengan 8 November 2023.

Mengangkat tema Optimalisasi Peran Penyuluh Pertanian Dalam Mendukung Keberhasilan Provinsi Sulawesi Tengah Sebagai Penyangga Pangan Utama IKN.

Jambore Penyuluh Pertanian kali ini ingin kembali membangkitkan semangat dan peran penyuluh pertanian dalam meningkatkan produktivitas sektor pertanian sekaligus memperkuat silaturahmi antar-BPP se-kabupaten/kota dalam lingkup Provinsi Sulteng.

Saat pembukaan Jambore, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan kinerja Kementan sangat penting untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian yang diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor dan bahkan meningkatkan ekspor.

"Dalam rangka mencapai produksi padi setara 35 juta ton beras, salah satunya ialah optimalisasi penyuluh pertanian lapangan. Untuk itu, para penyuluh harus benar-benar dekat dan menjadi pendamping petani yang mampu mengantarkan dan mengawal kebijakan pemerintah dalam pembangunan pertanian sampai tingkat petani, mulai dari penyaluran pupuk, memastikan penggunaan benih yang bermutu, penyaluran sarana dan prasarana produksi yang lain, pemanfaatan asuransi pertanian sehingga dapat mendorong peningkatan produksi dan produktivitas pertanian," ujar Amran.

Salah satu rangkaian kegiatan Jambore Penyuluh Pertanian Tahun 2023 adalah Ngobrol Asyik (Ngobras) Penyuluhan Pertanian voloume 44 yang diadakan Selasa (7/11), dengan tema Raih Kembali Swasembada Padi dan Jagung.

Pada arahan Ngobras, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi mengatakan Kementan bertekad meraih kembali swasembada padi dan jagung, oleh karena di musim rendeng ini, tidak ada kata lain selain menggenjot produktivitas.

Di Jambore Penyuluh Pertanian 2023 di Provinsi Sulawesi Tengah, semangat swasembada pangan digaungkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News