Semen Indonesia Bangun Museum Industri dan Education Park Terbesar di Gresik

Semen Indonesia Bangun Museum Industri dan Education Park Terbesar di Gresik
Semen Indonesia Bangun Museum Industri dan Education Park Terbesar di Gresik

jpnn.com - GRESIK - PT Semen Indonesia Tbk memantapkan langkah untuk melestarikan lingkungan dengan membangun berbagai fasilitas umum, yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk rekreasi.

Fasilitas umum tersebut dibangun di bekas lahan tambang dan area pabrik Gresik yang sudah tidak dimanfaatkan lagi. Kawasan Heritage yang dibangun di antaranya Botanical Garden (Kebun Raya), Museum dan Education Park.

“Pembangunan Heritage di kawasan Semen Indonesia ini merupakan inovasi kami dalam melestarikan industri persemenan. Pabrik Semen Gresik di Jalan Veteran Gresik ini merupakan pabrik semen pertama kali yang diresmikan oleh Presiden RI pertama Soekarno pada tanggal 7 Agustus 1957 dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun," ujar Plt Dirut Semen Indonesia, Suparni dalam siaran persnya, Rabu (7/1).

Pembangunan ini diperkirakan bakal memakan waktu selama 2 tahun dimulai tahun ini dan selesai tahun 2017. Semen Indonesia ujar Suparni, merupakan BUMN pertama yang membangun kawasan industri menjadi Wisata Industri Nasional yang terpadu.

Suparni berharap pembangunan Kebun raya, Museum dan Education Park diharapkan menjadi kawasan terpadu dan terolah yang menjawab tuntutan generasi masa kini.

"Ke depan diharapkan wisata industri ini juga menjadi pilihan salah satu wisata menarik yang bisa diselaraskan dengan wisata religi seperti Sunan Giri dan Malik Ibrahim. Jadi para wisatawan selain berkunjung ke makam Sunan Giri dan Maulana malik Ibrahim juga bisa berkunjung ke wisata yang dimiliki oleh Semen Indonesia," harapnya.

Museum ini nantinya juga akan difungsikan sebagai tempat rekreasi anak dan keluarga yang dilengkapi dengan berbagai mainan, hiburan, tempat istirahat dan resto. Yang ditujukkan sebagai tempat rekreasi yang edukatif dan nyaman bagi keluarga. Selain itu mereka bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan semen. (chi/jpnn)


GRESIK - PT Semen Indonesia Tbk memantapkan langkah untuk melestarikan lingkungan dengan membangun berbagai fasilitas umum, yang bisa dimanfaatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News