Semester I 2023, PIS Cetak Laba USD 138,5 Juta

Semester I 2023, PIS Cetak Laba USD 138,5 Juta
PT Pertamina International Shipping (PIS). Foto dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) mencetak laba sebesar USD 138,5 juta, naik 93% dibanding periode serupa tahun lalu yang sebesar USD 71,7 juta.

Perolehan laba semester I ini mencapai sebesar 63,7% dari target RKAP 2023.

“Selama 2022, SH IML telah mencetak sejumlah prestasi yang membanggakan. Kesuksesan ini berlanjut di 2023 dengan program transformasi dan digitalisasi yang dijalankan. Apresiasi untuk seluruh Perwira yang telah mendukung program transformasi dan memberikan kinerja terbaiknya untuk SH IML,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi, (9/8).

Kenaikan laba ini didorong oleh naiknya pendapatan, di mana selama pertengahan tahun pertama ini PIS membukukan sebesar USD 1,61 miliar, naik 30% dibanding semester pertama 2022 sebesar USD 1,24 miliar.

Begitu pula dengan EBITDA, yang juga tercatat naik 26% dari USD 364,4 juta di semester pertama tahun lalu menjadi USD 458,4 juta.

“Inisiatif transformasi yang dijalankan oleh fungsi-fungsi tim SH IML terbukti memberikan kontribusi penambahan pendapatan yang berdampak pada EBITDA,” jelas Yoki.

Transformasi yang dijalankan dioperasi misalnya dalam optimalisasi rantai pasokan komoditas sukses mengoptimalkan tonase dan pengurangan konsumsi bunker, yang berujung pada efisiensi. 

Lalu, dari sisi armada di mana kapal-kapal milik PIS menggandeng ship management kelas dunia  untuk mendorong kapabilitas kru kapal sesuai dengan standar internasional.

Transformasi bisnis yang dijalankan oleh PT Pertamina International Shipping (PIS) membuahkan hasil yang manis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News