Semoga Kelak Anies-Muhaimin Sikat Mafia Tanah demi Memudahkan Rakyat Punya Rumah

Semoga Kelak Anies-Muhaimin Sikat Mafia Tanah demi Memudahkan Rakyat Punya Rumah
Bakal capres dan cawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menjadi pasangan pertama yang mendaftar ke KPU, Kamis (19/10/2024), untuk ikut Pilpres 2024. Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Pengusaha muda asal Surabaya Reza Mahendra mengharapkan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) jika kelak terpilih memimpin Indonesia langsung menyikat mafia tanah dan sekaligus menggulirkan program yang memudahkan generasi milenial memiliki rumah sendiri.

Mahasiswa program jalur cepat Pascasarjana S-2 Jurusan Manajemen Universitas Ciputra Surabaya itu menyampaikan hal tersebut untuk menanggapi gagasan Anies soal program kepemilikan rumah layak yang dipaparkan pada acara Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) di Hotel Vertu Harmoni Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Menurut Reza, hal paling penting di sektor properti ialah nilai tanah. Alasannya, nilai tanah menjadi penentu nilai harga pokok produksi (HPP) produk perumahan (landed house) maupun bangunan tinggi (apartemen).

“Bahan baku rumah dapat disesuaikan dengan kantong, tetapi kalau harga tanah sudah tinggi sedikit harapan orang yang berpenghasilan menengah ke bawah untuk bisa membeli rumah sendiri, apalagi mafia tanah dan mafia properti yang mempermainkan harga tanah serta properti seenaknya,” ujarnya.

Reza menambahkan saat ini pemerintah kurang mampu mengelola subsidi perumahan dengan baik. Menurut dia, hal itu mengakibatkan banyak orang gagal memperoleh subsidi karena ditolak saat proses BI Checking.

“Oleh karena itu, saya sangat berharap Bacapres Pak Anies Baswedan dan Bacawapres Gus Muhaimin Iskandar mengeluarkan kebijakan untuk membasmi mafia tanah yang seenaknya dan membantu mempermudah masyarakat saat tahap verifikasi klaim subsidi,” ujar Reza.

Alumnus S-1 Manajemen Universitas Ciputra Surabaya itu mencontohkan cara yang bisa ditempuh pemerintahan Anies-Muhaimin kelak, yakni membantu warga dalam proses BI Checking.

“Bukan dibiarkan begitu saja seperti sekarang, termasuk membantu generasi muda dapat memiliki rumah pertama mereka,” tuturnya.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) jika kelak memimpin Indonesia bisa menggulirkan program yang memudahkan rakyat memiliki rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News