JPNN.com

Semoga Malang Raya Raih Nilai 8, Warganya Siap-siap Saja

Rabu, 29 April 2020 – 04:37 WIB Semoga Malang Raya Raih Nilai 8, Warganya Siap-siap Saja - JPNN.com
Suasana rapat tiga kepala daerah Malang Raya bersama perwakilan Pemprov Jatim dan Bakorwil III, di Kota Malang, Selasa (28/4/2020). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Malang/VFT

jpnn.com, MALANG - Tiga kepala daerah di Malang Raya sepakat untuk mengajukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dalam upaya menekan penyebaran virus Corona jenis baru COVID-19.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Benny Sampirwanto mengatakan wali kota Malang, wali kota Batu, dan Bupati Malang, rapat bersama untuk menyamakan persepsi masing-masing daerah terkait penerapan PSBB.

"Rapat ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, kemudian nanti akan ada rapat susulan tiga kepala daerah bersama Gubernur Jawa Timur dan Forpimda Provinsi," kata Benny di Kota Malang, Selasa (28/4) malam.

Kesepakatan tiga kepala dearah tersebut merupakan hasil rapat bersama perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang difasilitasi oleh Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan III Provinsi Jawa Timur di Malang (Bakorwil).

Benny menambahkan, dalam rapat susulan tersebut, nantinya akan dilakukan presentasi dari masing-masing kepala daerah.

Kemudian, data-data tersebut akan dievaluasi oleh Forpimda Provinsi Jawa Timur, untuk sinkronisasi peraturan.

Benny menjelaskan, penerapan PSBB harus memenuhi beberapa kriteria seperti adanya peningkatan jumlah kasus, penyebaran kasus menurut waktu, adanya kejadian transmisi lokal, serta kesiapan daerah dalam beberapa aspek antara lain ketersediaan kebutuhan hidup dasar rakyat, sarana dan prasarana kesehatan, anggaran dan operasional jaring pengaman sosial, dan aspek keamanan.

"Kalau itu nilainya sudah delapan, maka PSBB. Kalau masih nilainya 6-7 itu bisa diberlakukan PSBB atau tidak," kata Benny.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo