Semoga Rencana Seleksi CPNS 2018 tak Berubah

Semoga Rencana Seleksi CPNS 2018 tak Berubah
Peserta Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Pergantian MenPAN-RB dari Asman Abnur ke Syafrudin diyakini tidak akan mengubah rencana pelaksanaan seleksi CPNS 2018.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Jatim Anom Surahno mengatakan, program rekrutmen pegawai negeri ini sudah lama dicanangkan oleh kementrian PAN-RB.

“Harapan kami putusan formasi dan kuota segera final. Tinggal disampaikan ke setiap daerah,” ujar Anom Surahno.

Penyesuaian terhadap kebutuhan aparatur sipil negara (ASN), lanjut mantan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah itu, terus dilakukan oleh kementrian PAN-RB bersama BKN.

Terakhir hasil pertemuan dengan kementrian, masing-masing daerah masih terjadi bongkar pasang usulan formasi. Ada pengurangan jumlah kuota. “Jadi masih disesuaikan. Kan tidak ngurusi Jatim saja, tapi nasional,” jelasnya.

Disebutkan Anom, penyesuaian formasi dilakukan guna melihat kemampuan keuangan nasional serta pembiayaan yang dilakukan oleh daerah. Kedua hal tersebut hingga kini masih menjadi pertimbangan dalam penentuan formasi dan kuota.

Tetapi untuk provinsi dan kabupaten/kota di Jatim penyesuaian tersebut sudah selesai. Dia pun berharap, pelaksanaan CPNS bisa segera dilakukan. Setidaknya pada akhir Agustus pengumuman formasi dan sudah diterimanya. Sehingga September ujian dapat dilaksanakan.

Perlu diketahui, hingga 2018 jumlah PNS di Pemprob Jatim yang pensiun akan mencapai 2.158 orang. Jumlah tersebut akan meningkat pada 2020, mencapai 10.200 orang.

Pemprov Jatim optimistis seleksi CPNS 2018 tetap terlaksana pada tahun ini meski terjadi pergantian MenPAN-RB dari Asman Abnur ke Syafrudin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News