Sempat Terpapar Paham Radikal, Rian Kini Mengucap Janji Setia kepada NKRI

Sempat Terpapar Paham Radikal, Rian Kini Mengucap Janji Setia kepada NKRI
Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah memberikan paket bantuan kepada mantan penganut paham radikal Rian Eka Septiawan yang telah bersumpah dan berjanji setia kepada NKRI tepat di HUT Ke-76 RI yang dilaksanakan di Mapolres Sukabumi pada Selasa (17/8/2021). ANTARA/Aditya Rohman

jpnn.com, SUKABUMI - Seorang pemuda asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rian Eka Septiawan (21) akhirnya mengucapkan janji sumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Rian sebelumnya sempat terpapar dan menjadi penganut paham radikal sejak duduk di bangku sekolah menengah di Palabuhanratu. 

Kini, bertepatan dengan momen HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Rian pun mengucap sumpah setiap kepada NKRI. 

"Melalui berbagai pendekatan terhadap pemuda ini, melalui program deradikalisasi yang dilaksanakan anggota Polres Sukabumi yang bekerja sama dengan berbagai pihak, akhirnya Rian bisa kembali kepada pemahamannya yang benar setelah terpapar radikalisme sejak duduk di bangku sekolah menengah di Palabuhanratu," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah, di Sukabumi, Selasa (17/8). 

Perwira menengah Polri itu menuturkan bahwa dengan cara pembinaan yang mereka lakukan, warga yang awalnya terpapar paham radikal bisa kembali ke jalan yang benar. 

Kemudian, meyakini paham yang dianutnya tersebut menyimpang, tidak sesuai dengan ajaran agama mana pun, serta bertentangan dengan ideologi Pancasila yang dianut Indonesia.

Namun demikian, pihaknya pun akan terus memberikan pembinaan dan memantau yang bersangkutan agar tidak lagi disusupi oleh penganut atau penyebar paham radikal. Selain itu, kata dia, Polres Sukabumi pun memberikan bantuan kepada Rian sebagai bentuk apresiasi atas sikapnya tersebut.

"Siapa pun bisa terpapar paham radikal, maka dari itu semua pihak harus mewaspadainya khususnya orang tua agar bisa memantau aktivitas bergaul anaknya saat di luar rumah, seperti Rian, dia mengaku terpapar paham menyimpang tersebut saat duduk di bangku sekolah menengah," katanya.

Rian Eka Septiawan yang sempat terpapar dan menjadi penganut paham radikal mengucap janji sumpah setiap kepada NKRI. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News