Semua IPS dan Importir Sudah Serahkan Proposal Kemitraan

Semua IPS dan Importir Sudah Serahkan Proposal Kemitraan
Sapi Perah. Ilustrasi Foto: dok.Radar Surabaya/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) sudah menerima 36 proposal kemitraan dengan peternak sapi perah lokal dari 44 industri pengolahan susu (IPS) dan importir.

Penyerahan proposal kemitraan juga sesuai dengan tenggat yang ditetapkan, yaitu akhir Maret 2018.

"Sudah semua (menyerahkan proposal kemitraan). Dari 44 perusahaan, yang terdiri atas 16 industri pengolahan susu dan 28 importir, sebagian importir membentuk konsorsium sehingga total keseluruhan menjadi 36," kata Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementan Fini Murfiani, Senin (2/4).

Sebagian importir membentuk konsorsium karena beberapa di antaranya baru pertama kali melakukan program kemitraan dengan peternak sapi perah lokal.

Pembentukan konsorsium juga dianggap akan mempermudah pelaksanaan program kemitraan yang diatur Peraturan Kementerian Pertanian (Permentan) Nomor 26 Tahun 2017 tentang Peredaran Susu.

Bahkan, tim kecil Kementan sudah melakukan penilaian dan evaluasi terhadap seluruh proposal yang masuk.

Penilaian dan evaluasi dilakukan sesuai dengan pedoman teknis yang dikeluarkan pada pertengahan Februari lalu.

"Pada penilaian awal ini, kami sudah memberikan beberapa umpan balik berupa saran dan evaluasi kepada para industri pengolahan susu dan importir," ujar Fini.

Kementerian Pertanian (Kementan) sudah menerima 36 proposal kemitraan dengan peternak sapi perah lokal dari 44 industri pengolahan susu (IPS) dan importir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News