Kemenperin Dorong IPS Bermitra dengan Peternak Lokal

Kemenperin Dorong IPS Bermitra dengan Peternak Lokal
Sapi. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mendorong industri pengolahan susu (IPS) segera bermitra dengan peternak lokal.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada impor bahan baku susu di Indonesia.

"Tentu kami setuju dengan konsep kemitraan seperti di Kementerian Pertanian (Kementan). Kami juga sudah bahas dengan industri yang jadi wewenang kami," kata Direktur Jenderal Agro Industri Panggah Susanto, Kamis (29/3).

Menurut Panggah, saat ini beberapa industri pengolahan susu memang sudah melakukan kemitraan dengan peternak sapi perah lokal di Indonesia.

Namun, dalam rangka meningkatkan produksi dan kualitas susu peternak lokal, memang diperlukan regulasi yang membahas mengenai teknis kemitraan yang langsung berdampak pada kesejahteraan peternak lokal.

"Ini, kan, juga upaya untuk mengurangi tingkat ketergantungan dan membatasi tingkat importasi kita di komoditas susu. Maka kemitraan itu perlu dilakukan," kata Panggah.

Menurut Panggah, ada beberapa cara yang memang sedang didiskusikan untuk mendorong lebih banyak kemitraan antara industri pengolahan susu dengan peternak lokal.

"Kami lihat beberapa bidang yang di mana industri bisa membantu. Misalnya penyediaan pakan dan infrastruktur yang pembiayaannya dengan setoran susu segar. Agriserivs dan pelatihan. Bahkan pengolahan biogas limbah sapi juga bisa dilakukan," kata Panggah.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mendorong industri pengolahan susu (IPS) segera bermitra dengan peternak lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News