JK Dorong Pengusaha Jadi Bapak Angkat Peternak Sapi Lokal

JK Dorong Pengusaha Jadi Bapak Angkat Peternak Sapi Lokal
Wapres Jusuf Kalla. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK mendorong pengusaha menjadi bapak angkat peternak sapi lokal agar produktivitas dan kualitas susu segar dalam negeri (SSDN) meningkat.

Dengan demikian, stok susu dalam negeri terjamin dan ketergantungan impor susu berkurang.

"Produksi susu dalam negeri kita perlu stok tinggi supaya kita mengurangi impor. Sekarang ini memang masih dibutuhkan material atau susu bubuk dari luar negeri," kata JK, Selasa (27/3).

Menurut JK, pengusaha atau industri besar memang harus bermitra dalam upaya meningkatkan produksi dan kualitas susu peternak lokal.

"Pengusaha besar itu harus jadi bapak angkat (bermitra) dengan peternak lokal supaya menjaga rutinitas fungsi produksi dalam negeri," kata JK..

Saat ini, kebutuhan susu nasional memang masih didukung dari impor karena Indonesia kekurangan sapi perah.

"Sebenarnya bisa kita sesuaikan kebutuhan impornya. Namun, kita juga harus menjaga keseimbangan supaya harga tidak melonjak naik," tambah JK.

Kementerian Pertanian melalui Peraturan Kementerian Pertanian Nomor 26 tahun 2017 sudah mengamanatkan industri pengolahan susu (IPS) untuk bermitra dengan peternak sapi perah lokal.

Jusuf Kalla alias JK mendorong pengusaha menjadi bapak angkat peternak sapi lokal agar produktivitas dan kualitas susu segar dalam negeri (SSDN) meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News