Kamis, 19 Juli 2018 – 18:54 WIB

Senarai Rahasia Nagari Sabak (1)

Minggu, 01 Juli 2018 – 09:59 WIB
Senarai Rahasia Nagari Sabak (1) - JPNN.COM

jpnn.com - MUARA Sabak. Negeri misterius di Pantai Timur Sumatera. Awal Masehi, namanya bermunculan dalam berita Cina dan berita Arab. Disebut-sebut pula dalam literasi Ptolemy--dinasti Yunani ketika menguasai Mesir.

Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network

Berada di ujung bibir dua aliran Sungai Batang Hari, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur, Jambi menyimpan lapisan-lapisan paradaban masa lampau.

Menurut rakyat setempat, dulu banyak pemburu harta karun yang sengaja datang. Mengambil peninggalan-peninggalan sejarah dari dalam tanah. Baik secara manual, pun pakai ilmu kanuragan.

Belakangan, kata pejabat pemerintahan Muara Sabak, demi melindungi situs cagar budaya--entah iya entah tidak--aktivitas itu sudah dilarang.

Negeri Kaya

Abu Zayd Hasan, seorang ahli bumi yang aktif menulis pada 916 masehi, memuat catatan bertarekh 851 masehi yang ditulis Sulayman, satu di antara pedagang Arab yang pernah berlayar jauh ke Timur.   

Saudagar Sulayman berkisah, mula-mula kapalnya tiba di Kal ah bar—tanah maritim yang terletak di pertengahan Cina dan Arab--negeri yang diperintah oleh raja Zabag.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar