Sengketa Lahan Sawit, Preman Robohkan Pondok Warga

Sengketa Lahan Sawit, Preman Robohkan Pondok Warga
Sengketa Lahan Sawit, Preman Robohkan Pondok Warga
SAMPIT – Warga Desa Penyang Kecamatan Telawang resah dengan aksi preman di kampung mereka. Mereka menduga aksi tersebut terkait dengan sengketa lahan antara warga desa setempat dengan PT Hamparan Masawit Bangun Persada (HMBP) yang hingga kini belum tuntas.

Kecemasan warga makin bertambah setelah sejumlah orang yang tidak dikenal pada Rabu(3/1) lalu merobohkan pondok tempat mereka berkumpul. Pondok tersebut sengaja mereka bangun di lokasi PT HMBP, tempat mereka memasang tali hinting pali yaitu semacam tali untuk portal yang dipasang secara ritual adat Dayak.

Ironisnya, aksi anarkis itu dilakukan mereka yang diduga preman tersebut saat warga sedang tidak ada di pondok tersebut. Saat itu, warga sedang menghadiri rapat mediasi antara warga dengan PT HMBP terkait sengketa lahan tersebut. “Saat kami menghadiri pertemuan, saat itulah para preman itu menghancurkan pondok kami. Tapi kami ada buktinya,” kata Dinerson Landa.

Akibat kejadian itu, warga makin resah karena khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan akibat aksi preman tersebut. Hal itulah yang kemudian membuat mereka melaporkan masalah itu kepada Polres Kotim dan Kodim 1015 Sampit pada Jumat (6/1) lalu.

SAMPIT – Warga Desa Penyang Kecamatan Telawang resah dengan aksi preman di kampung mereka. Mereka menduga aksi tersebut terkait dengan sengketa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News